Tips KPR

  • statistik-puff

Perbandingan bunga Fixed dan Float

Suku-bunga-kprDalam dunia perbankan, dikenal dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman, yaitu sistem fixed (tetap) dan floating (berubah mengikuti keadaan pasar). Biasanya, orang awam akan sulit menentukan pilihan, apalagi bila tidak mengetahui dengan pasti cara perhitungan bunga tersebut.

 

Fixed Interest (Bunga Tetap)

Besar suku bunga yang diberikan bank akan tetap selama kurun waktu yang diberikan, misalnya 1 atau 2 tahun pertama dari masa pinjaman. Suku bunga tetap memberikan perlindungan kepada anda kalau terjadi krisis di pasar dan suku bunga bank naik (semisal, krisis ekonomi 1998 dan 2008), suku bunga KPR anda akan tetap.

 

Floating Interest (Bunga Berubah)

Suku bunga akan berubah mengikuti keadaan pasar. Kalau keadaan ekonomi bagus dan bunga yang diberikan oleh bank rendah, maka suku bunga berubah akan menguntungkan anda.

 

Selain besaran suku bunga yang ditawarkan, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh calon debitur, diantaranya sistem pembayaran dan perhitungan bunga yang dipakai oleh bank yang bersangkutan. Jika suku bunga KPR cukup bersaing ketat, lihat fasilitas dan keuntungan yang didapat.

Untuk membandingkan KPR dan mencari bunga yang paling rendah, anda bisa memakai layanan pembanding KPR seperti SikatAbis.

Share this post

Leave a Reply